Memilih dan Memilah Sampah Kertas ala Pemulung

kertas bekasJarang yang tahu bahwa sampah kertas yang kita buang umumnya masih dipilah-pilah lagi oleh pemulung berdasarkan jenisnya. Hal ini dilakukan agar harga kertas yang akan dijual ke lapak tidak asal jadi duit, tapi disesuaikan dengan jenis kertas yang mereka jual. Dengan memilah-milah kertas berdasarkan jenisnya, tentu saja harga jualnya menjadi lebih mahal daripada sampah kertas yang belum dikategorikan. Berikut pemilahan sampah kertas ala pemulung:

HVS 1

Biasanya, karena sedikit kesalahan dalam menulis, kita langsung meremas dan membuang kertas jenis ini. Padahal jika tidak diremas, kertas HVS utuh ini bernilai tinggi. Pemulung biasanya menyusun kembali kertas kategori ini dengan rapi untuk dijual ke pasar atau dijual ke lapak untuk dibuat pembungkus. Sebaiknya, pergunakan dahulu sisi balik yang masih kosong untuk menulis sebelum membuang kertas jenis ini. Contoh kertas jenis ini adalah bekas skripsi yang tidak terjilid, makalah, hasil print-out yang salah, dan sebagainya.

HVS 2

Hampir sama dengan HVS 2, bedanya HVS 1 umumnya sudah tercampur dengan kotoran, robek, atau tidak dapat disusun lagi dengan rapi. Kertas janis ini biasanya akan dijual lapak ke pabrik untuk di daur ulang karena tidak dapat dipakai sebagai bungkus.

KORAN 1

Koran termasuk yang paling mudah dijual pemulung ke lapak atau ke pasar sebagai pembungkus. Pemulung biasanya lebih suka menjual kertas jenis ini langsung ke pasar karena harganya lebih tinggi bila dibanding di jual ke pabrik. Kertas kategori koran ini termasuk juga kertas tabloid yang masih rapi alias masih utuh.

KORAN 2

Sama dengan Koran 1, hanya saja Koran 2 umumnya berupa kertas koran atau tabloid yang halamannya sudah tidak lengkap atau sudah banyak yang robek. Banyak pemulung yang juga mengkategorikan Koran 2 ini berdasarkan dapat tidaknya koran ini disusun. Jika masih bisa disusun, maka masuk kategori Koran 1, jika tidak maka masuk Koran 2. Koran 2 banyak dibeli petani buah dan sayur sebagai pengaman dalam pengiriman buah dan sayur. Juga bisa dipakai pengrajin keramik untuk menjaga keramik agar tidak pecah saat pengiriman.

MAJALAH

Jenis kertas ini biasanya dipakai sebagai pembungkus di warung-warung, untuk membungkus cabe, bumbu dapur, dan sebagainya, tentunya sesudah dirobek per lembar. Jika masih dalam kondisi layak, majalah bekas memiliki nilai yang tinggi, dengan dijual sebagai majalah bekas di kios-kios buku bekas seperti di Kwitang dan Pasar Senen di Jakarta atau di Palasari dan Cikapundung di Bandung.

BONCOS

Ini adalah sebutan untuk kertas yang sudah dicabik atau di-shredder. Di lapak, harga kerta jenis ini tergolong murah. Lapak biasanya akan menjualnya ke pabrik untuk dijadikan kertas lagi. Bisa juga dipakai sebagai pengaman untuk mengepak barang-barang pecah belah.

KARDUS

Kardus yang masih baik dapat bernilai tinggi. Di Pasar Tanah Abang biasanya kardus dipakai untuk pengepakan barang sebelum dibungkus lagi dengan karung plastik. Selain itu kardus biasa dipakai untuk mengepak barang-barang pindahan rumah. Di lapak sendiri kardus mudah diterima dan akan dijual lagi ke pabrik untuk dibuat sebagai kardus kembali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: